PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG DITERAPKAN TEKNIK QUIZ DENGAN PEKERJAAN RUMAH (PR)


(Studi Eksperimen di MTsN Arjawinangun Kabupaten Cirebon)
SKRIPSI



ABSTRAK



MUNAWAROH : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG DITERAPKAN TEKNIK QUIZ DENGAN PEKERJAAN RUMAH (PR)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan pembelajaran matematika yang kurang efektif dan cenderung monoton karena guru hanya menggunakan metode konvensional saja dalam pembelajaran matematika. Siswa hanya menerima materi pelajaran yang diberikan guru. Sehingga  siswa  pasif  dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan kesulitan dalam memecahkan soal-soal matematika. Hal ini menyebabkan hasil belajar matematika yang kurang memuaskan. Dalam hal ini seorang guru harus memilih teknik pembelajaran yang tepat pada pembelajaran matematika supaya siswa aktif dan pandai dalam memecahkan soal-soal matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa yang diterapkan teknik quiz, untuk memperoleh data  tentang hasil belajar matematika siswa yang diterapkan pekerjaan rumah (PR), serta untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar metematika siswa antara yang diterapkan teknik quiz dengan pekerjaan rumah (PR).
Dengan diterapkannya teknik quiz dan pekerjaan rumah (PR), siswa akan lebih termotivasi dalam pembelajaran matematika dan siswa pun  menjadi  aktif serta mudah dalam memecahkan soal-soal matematika karena sering diberikan latihan-latihan soal.Kelebihan dari teknik quiz itu sendiri adalah dapat membuat siswa lebih berani dalam mengungkapkan pendapatnya, menjadi lebih aktif, dan mampu bersaing dengan teman-temannya. Sedangkan kelebihan dari pemberian pekerjaan rumah adalah membuat siswa dapat memanfaatkan waktu luangnya dengan baik, melatih kemandirian siswa, serta membuat siswa lebih aktif berlatih soal-soal.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Arjawinangun tahun ajaran 2010/2011, yang sampelnya dipilih menggunakan  teknik cluster random sampling untuk mendapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah  36  siswa  dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang bejumlah 36 siswa.  Metode  penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen sedangkan  teknik  pengumpulan datanya melalui tes yang berupa tes pilihan ganda pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar.

Setelah dilakukan penelitian, kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai gainnya sebesar 70,9858% dan termasuk kategori tinggi sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai gainnya sebesar 63,2942% dan termasuk kategori sedang. Pada uji hipotesis diketahui nilai sig (2-tailed)  0,000  < 0,05  dan thitung (3,899)>  ttabel (-1,944) maka Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan hasil  belajar matematika siswa antara yang diterapkan teknik quiz  dengan  pekerjaan  rumah(PR).


KATA PENGANTAR


Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi ini, yang  berjudul  “  Perbandingan  Hasil Belajar Matematika Siswa antara yang Diterapkan Teknik Quiz dengan Pekerjaan Rumah (PR)”.
Skripsi ini ditulis sebagai salah satu syarat  untuk  memperoleh  gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) pada Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.
Penulis menyadari dalam penulisan skripsi ini jauh dari  kesempurnaan tanpa bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada:
1.        Bapak Prof. Dr. H. Maksum, M. A, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

2.        Bapak Dr. Saefudin Zuhri, M. Ag, Dekan Fakultas Tarbiyah.

3.        Bapak Toheri, S. Si, M. Pd, Ketua Jurusan Matematika, sekaligus sebagai Dosen Pembimbing I.
4.        Bapak Nuryana, S. Ag, M. Pd, Pembimbing II.

5.        Semua dosen dan staff, khususnya Dosen Jurusan Pendidikan Matematika.

6.        Bapak Drs. Abd. Ghofar, Kepala MTs Negeri Arjawinangun.

7.        Ibu Dra. Khaeriyah, Guru Mata Pelajaran Matematika MTsN Arjawinangun.




8.        Bapak dan Ibu guru beserta Staff Tata Usaha MTsN Arjawinangun.

9.        Semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.
Penulis hanya dapat memanjatkan doa kepada Allah SWT, semoga amal Bapak/Ibu dan rekan-rekan mendapatkan balasan dari Allah SWT.
Penulis menyadari keterbatasan kemampuan dan pengalaman penulis yang mengakibatkan dalam penulisan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan. Karena itu penulis sangat mengharapkan masukan dari berbagai pihak yang bersifat membangun.
Akhirnya penulis berharap semoga skripsi ini bisa bermanfaat bagi penulis khususnya dan umumnya bagi para pembaca.


Cirebon, Juli 2011




Penulis                    




PERNYATAAN OTENTISITAS SKRIPSI





Bismillahirrahmanirrahim.

Dengan ini penulis menyatakan bahwa skripsi dengan judul : “PERBANDINAGN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG DITERAPKAN TEKNIK QUIZ DENGAN PEKERJAAN RUMAH (PR)” ini beserta isinya adalah benar-benar karya sendiri, dan penulis tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan dengan cara-cara  yang  tidak  sesuai dengan etika yang berlaku dalam masyarakat keilmuan.
Atas pernyataan ini, penulis siap menanggung resiko atau sanksi apapun yang dijatuhkan pada penulis sesuai dengan peraturan yang berlaku, apabila dikemudian hari ditemukan adanya pelanggaran terhadap terhadap keaslian karya penulis ini.
Cirebon, Juli 2011 Yang memberi pernyataan



BAB I 

PENDAHULUAN




A.        Latar Belakang Masalah


Menurut Hamalik (2001:2), “pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan  bimbingan,  pengajaran,  dan latihan bagi peranannnya dimasa yang akan datang”. Pengajaran matematika adalah bentuk kegiatan dimana terjalin hubungan interaksi dalam  proses  belajar dan mengajar matematika antara guru dan peserta didik untuk mengembangkan prilaku sesuai dengan tujuan pendidikan. Senada  dengan yang diungkapkan Hamalik, menurut Syaiful (2006:11) “fungsi pendidikan adalah membimbing anak ke arah suatu tujuan yang kita nilai tinggi dan pendidikan yang baik adalah usaha yang berhasil membawa semua anak didik kepada tujuan itu”.

Mengajar merupakan upaya yang dilakukan oleh guru agar siswa belajar. Dalam pengajaran matematika, siswalah yang menjadi subjek, dialah pelaku kegiatan belajar. Agar siswa berperan sebagai pelaku dalam kegiatan belajar matematika, maka guru hendaknya merencanakan pengajaran, yang menuntut siswa banyak melakukan aktivitas belajar. Hal  ini  tidak  berarti siswa dibebani banyak tugas. Aktivitas atau tugas-tugas  yang  dikerjakan  siswa hendaknya menarik minat siswa, dibutuhkan dalam perkembangannya, serta bermanfaat bagi masa depannya.


Untuk lebih lengkap nya bisa download dibawah ini :)


Link Download dibawah ini :

.pdf
Google Drive Google Drive Racaty


Jika Anda kesulitan dalam mendownload bisa klik di bawah ini :
Cara Download di Dikasih.com